Dr Handrawan Nadesul

Melayani sesama melalui stateskop dan mouse kompie

Wednesday, January 25, 2006

Ginkgo Biloba - Vitamin Pintar Seumur Hidup

MAU tetap pintar seumur hidup? Sekarang tidak lagi sukar. Tak perlu begadang tujuh hari tujuh malam main catur. Kini tersedia satu cara baru agar otak tetap tajam sampai tua.

Cari ginkgo biloba selagi usia belum telanjur uzur. Ginkgo biloba vitamin otak yang dipetik dari daun pohon purba di Abad ini.

Kenapa ginkgo biloba? Sebab daun purba ginkgo biloba menyimpan beragam khasiat buat otak. Minum ginkgo biloba membuat otak tetap bisa kuat mengingat, tajam berpikir, tangkas menggagas, serta lembut beremosi kendati usia sudah berangkat tua.

Caranya ginkgo biloba menjaga otak kita? Zat dalam daun ginkgo biloba pada otak memberi sekaligus tiga khasiat yang tidak ditemukan pada obat lain.

Khasiat pertama, ginkgo biloba memelihara semua pipa pembuluh penyalur darah otak agar pasokan darah otak selalu lancar. Aliran darah otak sekejap pun tak boleh berhenti. Sebab jika sesaat saja berhenti, sel-sel otak harus menanggung lapar. Otak yang kelaparan, menurun fungsi dan kerjanya.

Khasiat kedua, ginkgo biloba membuat darah yang mengalir ke otak selalu segar dan tidak menjadi kental. Darah yang terjaga keencerannya, senantiasa deras alirannya. Jika aliran darah otak deras mengalir, seluruh sel otak akan cukup makan.

Khasiat ketiga, ginkgo biloba ikut mengatur metabolisme, maupun fungsi listrik otak agar kerja otak optimal, dan tak sampai mengendur.

Mengapa kerja otak mengendur? Otak tidak pernah tidur, sekalipun kita terlelap. Seperti begitu kerja otak berlangsung terus sepanjang hidup tanpa waktu jeda.

Kendati bekerja berat, otak tak pernah rewel. Syaratnya satu. Asal tetap mendapat cukup makanan. Supaya otak kecukupan makanan, pasokan darah otak tak boleh berkurang barang sesaat pun.

PASOKAN darah otak dapat berkurang oleh tiga hal. Pertama, sebab pipa pembuluh darah otak menjadi kaku dan keras, Kita menyebutnya arteriosclerosis. Dengan bertambah usia, pembuluh darah otak tak elastis lagi. Oleh karena menurun kelenturannya, maka aliran darah yang melewatinya kurang deras lagi.

Kedua, oleh terbentuknya ‘karat’ lemak atherosclerosis, deras maupun jumlah pasokan darah otak berkurang. ‘Karat’ lemak atherosclerosis terbentuk jika kadar lemak (lipid) darah, dua di antaranya, kolesterol dan trigliserida dibiarkan lebih dari normal untuk waktu lama.

Penyebab ketiga berkurangnya pasokan darah otak jika pembuluh darah otak menguncup atau vasospasme. Sesaat saja pembuluh darah otak mendadak menguncup, mengurangi pasokan darah otak juga.

Usia tua, dan stres, acap memicu terjadinya penguncupan pembuluh darah otak. Padahal pola dan gaya hidup modern penuh dengan letupan-letupan stres.

Penyebab keempat pasokan darah otak berkurang oleh karena cairan darah sendiri menjadi kental. Cairan darah mengental apabila sel-sel darah di dalamnya saling berlengketan. Darah yang mengental mengurangi derasnya darah mengalir.

KHASIAT ginkgo biloba memperbaiki dan mencegah menjadi kaku, keras, dan ber’karat’ lemaknya pembuluh darah seluruh tubuh. Termasuk pembuluh darah otak. Selain itu ginkgo biloba juga meningkatkan kualitas sel darah agar tidak saling berlengketan.

Dengan sekaligus menempuh tiga cara yang tak dimiliki zat berkhasiat lain inilah, gingko biloba mempertahankan aliran darah otak tetap deras mengalir, sehingga fungsi dan kerja otak tetap optimal.

Ginkgo biloba juga mengatur proses metabolisme otak sekiranya ada bagian otak yang telanjur mengalami kekurangan pasokan darah. Caranya dengan memperkuat dinding sel-sel otak agar tidak mudah aus, selain dengan meningkatkan pemakaian oksigen maupun gula oleh otak agar sel otak tidak lekas lumpuh dan mati.

Jika sel-sel otak lumpuh dan mati, sebagian disket memori otak terhapus, dan beberapa fungsi otak mungkin hilang. Semakin banyak sel-sel otak yang lumpuh, semakin kendur fungsi dan kerja otak kita.

Pikun, menurunnya prestasi belajar, dan kinerja bekerja, merupakan gejala mulai mundurnya fungsi otak. Pada tingkat kelumpuhan sel-sel otak yang sudah berat, saat itulah serangan stroke terjadi.

IBARAT pipa leding yang sudah berkarat, pipa pembuluh darah otak yang telanjur berlapis ‘karat’ lemak pun tak mungkin dikerok atau diluruhkan dengan obat mana pun.

Dengan rutin minum ginkgo biloba bisa mencegah agar pembuluh darah otak tidak sampai ber’karat’ lemak. Ginkgo biloba menghentikan proses bertambah tebalnya ‘karat’ lemak pembuluh darah di bagian mana-mana tubuh. Termasuk di pembuluh darah otak.

Zat dari daun purba ginkgo biloba juga berkhasiat membuka pembuluh rambut atau mikrosirkulasi di semua organ tubuh yang tadinya menguncup saja. Dengan membukanya mikrosirkulasi, aliran darah lebih meningkat. Oleh karena aliran darah bertambah, pasokan makanan ke organ tubuh, termasuk yang ke otak, bertambah pula.

Hidup orang modern sudah kuyup oleh stres. Stres juga meningkatkan kolesterol, meninggikan tensi darah, dan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas sendiri sudah lama mencemari menu, udara, dan semua aktivitas harian orang sekarang.Keadaan ini mempercepat terbentuknya pengapuran dan ‘karat’ lemak pembuluh darah tubuh maupun otak.

Itu maka kasus kepikunan, menjadi lekas pelupa, stroke, gangguan otak, dan serangan jantung koroner, sekarang ini cenderung muncul pada kelompok usia lebih muda.

Khasiat ginkgo biloba menjadi penyelamat orang modern sebab mampu mencegah terjadinya semua penyakit gangguan pembuluh darah. Termasuk mengagalkan terjadinya sumbatan pipa pembuluh darah otak.

Jika pembuluh darah otak tidak tersumbat, tidak pula lekas kaku dan keras, pasokan darah otak tetap lancar. Dengan begitu otak tetap pintar, tidak berubah menjadi dungu, mati prematur akibat stroke, atau jantung koroner semasih usia dini. Untuk tujuan sebanyak itu ginkgo biloba perlu dikonsumsi semenjak kecil.

Boleh diingat, akibat menu harian boros lemak, pembuluh darah rata-rata anak di negara maju sudah mulai ber’karat’ lemak semasih usia remaja. Anak-anak di negara sedang berkembang seperti Indonesia mengimpor menu orang Barat. Itu berarti risiko pembuluh darah ber’karat’ lemak sama nasibnya seperti yang dialami sebayanya di negara Barat.

Itu alasan lain mengapa ginkgo biloba perlu selalu mendampingi menu harian sejak usia kanak-kanak. Ginkgo biloba bukan obat melainkan vitamin yang orang petik dari alam. Zat dengan khasiat luar biasa dari daun pohon purba yang mungkin sengaja Tuhan sisakan buat menyehatkan otak manusia modern di penghujung Abad ini.

20 Comments:

  • At 6:54 PM, Blogger The life's corner said…

    pak, saya sudah sering membaca tulisan-tulisan bapak. saya suka. saya juga suka moto bapak di blog ini : melayani sesama melalui stetoskop dan mouse kompi. tapi bapak jarang posting ya? pasti karena sibuk. boleh saya link blog bapak ke blog saya?

     
  • At 5:30 AM, Blogger Chika said…

    Wah postingan yang bagus untuk di share biar dibaca anak2 muda jaman sekarang agar menjaga fungsi otaknya dengan baik dengan mengkonsumsi vitamin dan memperkaya asupan gizi dalam menu sehari2nya.

    Saya minta ijin untuk copy artikel ini untuk di publikasikan di www.indoforum.org dan akan saya link blog bapak disana.

     
  • At 2:54 PM, Blogger Handrawan Nadesul said…

    Sorry teman-teman,
    saya agak menyibukkan diri dan tidak pernah posting. Silakan kalau mau link atau ngopy artikel saya.
    Salam

     
  • At 1:17 AM, Blogger Ank0 said…

    tolong contact saya (PINUJU HUSYERIE) dialamat email eddie_ph@tunaskomindopersada.com

     
  • At 8:04 PM, Blogger Ank0 said…

    Dr Handrawan..tolong contact (PINUJU HUSYERIE) jikalau ada waktu ... dialamat email eddie_ph@tunaskomindopersada.com

     
  • At 8:08 AM, Blogger Aswin said…

    This comment has been removed by the author.

     
  • At 8:14 AM, Blogger Aswin said…

    Yth Dr Handrawan, salam kenal. Saya Laurentius Aswin Pramono, S.Ked, mahasiswa semester 10 Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba Raya, Jakarta (angkatan 2003). Saat ini saya menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Media Aesculapius, sebuah surat kabar kedokteran dan kesehatan nasional yang telah terbit sejak tahun 1970. Sekitar bulan Mei 2008 organisasi kami akan mengadakan acara Journalistic Fair Media Aesculapius 2008 yang terdiri dari pameran buku jurnalistik dan kedokteran, bedah buku, dan workshop jurnalistik kedokteran. Saya ingin memohon kesediaan Dr Handrawan menjadi pembicara dalam acara bedah buku. Besar harapan saya, kami mahasiswa FKUI dapat bertemu langsung dengan dokter sebagai pembicara bedah buku salah satu buku dokter mengenai teknik penulisan atau buku kesehatan popular lainnya. Semoga dapat menjalin persahabatan dengan dokter. Jika ada waktu, dapat mengemail saya di alamat L_aswin@hotmail.com Terima kasih atas perhatiannya, Dok. Sukses selalu, Dok.

     
  • At 7:51 AM, Blogger William Jackson said…

    selamat malam Pak, tulisan bapak sangat bagus dan berguna untuk saat mempersiapkan otak saya menghadapi UAN SMA yang mulai dekat ini. Saya dari SMA SANTO TARCISIUS Kelas 3 IPS, Dumai

     
  • At 3:09 AM, Blogger hendy07 said…

    Terima kaish atas artikelnya,
    bisa kontak saya di email : umi.nuza@gmail.com
    Terima Kasih
    Hendy

     
  • At 4:01 AM, Blogger yuniCR said…

    Assalamualaikum wr.wb. Dokter Hendrawan saya yuni seorang mahasiswa ekonomi universitas surabaya angkatan 2009.
    Begini dok..semenjak saya kuliah saya merasa kalau kerja otak sy jadi lamban..
    Sudah lama saya terkena hipotensi. Apakah benar hipotensi menyebabkan otak jadi sulit berkonsentrasi?
    Karena satahu saya kalau hipotensi jantung lemah memompa darah ke otak, akibatnya
    Kerja otak tidak maksimal, dan sulit konsentrasi.
    Lalu apakah kalau sy konsumsi ginkgo biloba bisa mengobati? Lalu apa efek samping kalo saya terus minum ginkgo biloba?
    Sekian pertanyaan dari saya. Terimakasi.

     
  • At 4:23 AM, Blogger sinau said…

    saya pernah membaca di kemasan yang mengandung ginko biloba, di situ tertulis obat ini tidak di pergunakan untuk orang yang normal apa maksudnya ?

     
  • At 12:21 PM, Blogger budi santoso sukarsono said…

    artikel yang menarik dok. sy masih berusaha untuk ngeblog seperti dokter.

     
  • At 10:55 PM, Blogger Hanik said…

    dokter sy pengin nanya anak sya usia 13 bulan anak sy sering jatuh n kepalanya kebentur vitamin apa yg cocok untuk perkembangan otaknya
    terima kasih atas infonya

    dari hanik

     
  • At 11:50 PM, Blogger Khaty Sew said…

    Saya ingin penjelasan dari segi jenama gingko biloba yg paling berkesan untuk kita ambil kerana terdapat banyak jenisnya di pasaran seperti kordel, 21st century dan lain..tq doc!

     
  • At 11:12 PM, Blogger setyo adjie said…

    selamat siang. kalau saya mencari ginkgo biloba, saya mencarinya kemana ya? kalo dalam bentuk produk, jenisnya ada yang herba atau obat gak? trus kalo merk, dari dokter ada saran gak mereknya apa? maaf pak dokter terlalu banyak pertanyaan. trims atas jawabanya

     
  • At 6:08 PM, Blogger atif_irfan said…

    siapa yang mencari gingko biloba saya ada menjualnya.. dalam bentuk cecair..
    gingko biloba di campur madu dan royal jely :)

    mempunyai sijil FDA

    atif_irfan@ymail.com

     
  • At 8:45 AM, Blogger haryanta said…

    kami menjual biji dan bibit pohon ginkgo biloba.
    silahkan order di 08118202641
    atau kunjungi fathni_nursery.indonetwork.co.id
    terimakasih

    haryanta

     
  • At 9:18 AM, Blogger Sudirman Bajo kabaena timur said…

    ah lebay bngat sih..

     
  • At 6:40 PM, Blogger ordinary_girl said…

    Selamat pagi pak Handrawan. Saya dari PT. CNI Indonesia. Apakah Bapak ada nomor kontak yang bisa dihubungi?Perusahaan kami saat ini sedang mengembangkan suatu konsep tentang kesehatan. Bila Bapak ada waktu, mohon kesediaannya untuk menghubungi saya di jane.kurnia@cni.co.id.
    Terima kasih

     
  • At 6:43 PM, Blogger ordinary_girl said…

    Selamat pagi pak Handrawan. Saya dari PT. CNI Indonesia. Apakah Bapak ada nomor kontak yang bisa dihubungi?Perusahaan kami saat ini sedang mengembangkan suatu konsep tentang kesehatan. Bila Bapak ada waktu, mohon kesediaannya untuk menghubungi saya di jane.kurnia@cni.co.id.
    Terima kasih

     

Post a Comment

<< Home